Jumat, 11 Februari 2011

KATEGORI UMUR

DR. Hardiwinoto

Pengertian Umur
Umur atau usia adalah satuan waktu yang mengukur waktu keberadaan suatu benda atau makhluk, baik yang hidup maupun yang mati. Semisal, umur manusia dikatakan lima belas tahun diukur sejak dia lahir hingga waktu umur itu dihitung. Oleh yang demikian, umur itu diukur dari tarikh ianya lahir sehingga tarikh semasa(masa kini). Manakala usia pula diukur dari tarikh kejadian itu bermula sehinggalah tarikh semasa(masa kini)

Jenis perhitungan umur/usia
Usia kronologis
Usia kronologis adalah perhitungan usia yang dimulai dari saat kelahiran seseorang sampai dengan waktu penghitungan usia.
Usia mental
Usia mental adalah perhitungan usia yang didapatkan dari taraf kemampuan mental seseorang. Misalkan seorang anak secara kronologis berusia empat tahun akan tetapi masih merangkak dan belum dapat berbicara dengan kalimat lengkap dan menunjukkan kemampuan yang setara dengan anak berusia  satu tahun, maka dinyatakan bahwa usia mental anak tersebut adalah satu tahun.
Usia biologis
Usia biologis adalah perhitungan usia berdasarkan kematangan biologis yang dimiliki oleh seseorang.

 Menurut Depkes RI (2009):

Kategori Umur
1.    Masa balita                    = 0 - 5 tahun,
2.    Masa kanak-kanak         = 5 - 11 tahun.
3.    Masa remaja Awal          =12 - 1 6 tahun.
4.    Masa remaja Akhir         =17 - 25 tahun.
5.    Masa dewasa Awal         =26- 35 tahun.
6.    Masa dewasa Akhir         =36- 45 tahun.
7.    Masa Lansia Awal           = 46- 55 tahun.
8.    Masa Lansia Akhir           = 56 - 65 tahun.
9.    Masa Manula                  = 65 - sampai atas

Jenis kelamin
Jenis kelamin (bahasa Inggris: sex) adalah kelas atau kelompok yang terbentuk dalam suatu spesies sebagai sarana atau sebagai akibat digunakannya proses reproduksi seksual untuk mempertahankan keberlangsungan spesies itu. Jenis kelamin merupakan suatu akibat dari dimorfisme seksual, yang pada manusia dikenal menjadi laki-laki dan perempuan. Pada kebanyakan hewan non-hermafrodit, tumbuhan berumah dua (dioecious), dan berbagai organisme rendah orang menyebutnyajantan dan betina. Jantan adalah kelompok yang menyediakanspermatozoid (sel gamet yang aktif bergerak), sedangkan betina adalah kelompok yang menyediakan sel gamet yang statik dan menunggu untuk dibuahi. Adanya alat kelamin yang khas untuk masing-masing seringkali dijadikan penciri bagi masing-masing jenis kelamin. Sebagi tambahan, sering kali tampak ciri-ciri sekunder yang terjadi seperti pada manusia (misalnya payudara dan sebaran rambut), banyak unggas (seperti pada ayam dan merak, serta sejumlah mamalia (contoh yang mudah terlihat adalah singa). 
Hermafrodit adalah individu yang dapat berperan sekaligus sebagai jantan dan betina pada saat yang relatif bersamaan. Pada hewan gejala ini relatif rendah frekuensinya, tetapi tinggi frekuensinya pada tumbuhan dan banyak organisme rendah (protista). Hewan hermafrodit yang paling dikenal adalah siput. Tumbuhan yang berumah tunggal, baik monoklin (berbunga lengkap, seperti padi) maupun diklin (berbunga tak lengkap, sepertijagung)
Pada sejumlah protista dan bakteri dikenal organisme dengan jenis kelamin positif (+) dan negatif (-). Penamaan ini diberikan karena diketahui terjadi transfer material genetik dari satu individu ke individu yang lain (disebutkonjugasi) namun tidak disertai dengan dimorfisme (tidak ada alat kelamin atau petunjuk seksual lainnya yang teramati). Hal ini berbeda dari hermafroditisme, karena pada yang terakhir ini diketahui ada alat kelamin (kedua alat kelamin dimiliki oleh satu individu) dan terjadi pertukaran material genetik satu sama lain. jenis kelamin dibagi 2 yaitu Laki-Laki dan Perempuan

Pendidikan
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan,keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.[1] Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.
Sebuah hak atas pendidikan telah diakui oleh beberapa pemerintah. Pada tingkat global, Pasal 13 PBB 1966 Kovenan Internasional tentang Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya mengakui hak setiap orang atas pendidikan.[2] Meskipun pendidikan adalah wajib di sebagian besar tempat sampai usia tertentu, bentuk pendidikan dengan hadir di sekolah sering tidak dilakukan, dan sebagian kecil orang tua memilih untuk pendidikan home-schooling, e-learning atau yang serupa untuk anak-anak mereka
 Tingkat pendidikan dibagi menjadi:
1.   Belum Sekolah
2.   SD
3.   SMP
4.   SMA/SMK
5.   Perguruan Tinggi

Pekerjaan   
Pekerjaan secara umum didefinisikan sebagai sebuah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan sebuah karya bernilai imbalan dalam bentukuang bagi seseorang. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah pekerjaan dianggap sama dengan profesi.
Pekerjaan yang dijalani seseorang dalam kurun waktu yang lama disebut sebagai karier.Seseorang mungkin bekerja pada beberapa perusahaan selama kariernya tapi tetap dengan pekerjaan yang sama.
Lowongan kerja yang paling banyak diinginkan orang Indonesia rata-rata adalah PNS, dan pegawai BUMN. Anggapan mereka mungkin karena jadi pegawai negeri atau pegawai BUMN gajinya stabil dan terjamin

Pekerjaan dibagi menjadi:
1.   Belum bekerja
2.   IRT
3.   PNS 
4.   Wiraswasta

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggolongkan lanjut usia menjadi 4 yaitu : Usia pertengahan (middle age) 45 -59 tahun, Lanjut usia (elderly) 60 -74 tahun, lanjut usia tua (old) 75 – 90 tahun dan usia sangat tua (very old) diatas 90 tahun. Sedangkan menurut Prayitno dalam Aryo (2002) mengatakan bahwa setiap orang yang berhubungan dengan lanjut usia adalah orang yang berusia 56 tahun ke atas, tidak mempunyai penghasilan dan tidak berdaya mencari nafkah untuk keperluan pokok bagi kehidupannya sehari-hari. Saparinah ( 1983) berpendapat bahwa pada usia 55 sampai 65 tahun merupakan kelompok umur yang mencapai tahap praenisium pada tahap ini akan mengalami berbagai penurunan daya tahan tubuh/kesehatan dan berbagai tekanan psikologis. Dengan demikian akan timbul perubahan-perubahan dalam hidupnya. Demikian juga batasan lanjut usia yang tercantum dalam Undang-Undang No.4 tahun 1965 tentang pemberian bantuan penghidupan orang jompo, bahwa yang berhak mendapatkan bantuan adalah mereka yang berusia 56 tahun ke atas. Dengan demikian dalam undang-undang tersebut menyatakan bahwa lanjut usia adalah yang berumur 56 tahun ke atas. Namun demikian masih terdapat perbedaan dalam menetapkan batasan usia seseorang untuk dapat dikelompokkan ke dalam penduduk lanjut usia. Dalam penelitan ini digunakan batasan umur 56 tahun untuk menyatakan orang lanjut usia.

Referensi

Depkes RI (2009). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Depertemen Republik Indonesia



27 komentar:

  1. maaf dok,...
    saya mahasiswa keperawatan lagi mennyusun tugas akhir, saya lihat dan baca blog bapak ini baguss,,
    bolehkah saya minta referensi kategori umur (2009) dari depkes pak??
    terimakasih pak,,,

    BalasHapus
  2. yang depkes bukunya judulnya apa?thx

    BalasHapus
  3. Boleh di informasikan lebih jelas daftar pustaka mengenai kategori umur menurut depkes RI?

    BalasHapus
  4. mohon sumber referensi depkes RI lebih lengkap ? terimakasih sebelumnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. kalau diperkenankan saya minta buku sumber pembagian umur menurut WHO terima kasih

    BalasHapus
  7. boleh minta dapus yang kategori umur menurut depkes please buat skripsi

    BalasHapus
  8. saya sudah cek di Depkes RI (2009). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Depertemen Republik Indonesia
    tapi maaf kok tidak ada ya penggolongan umur seperti yang bapak jelaskan.
    mohon bisa ditunjukkan di halaman berapa ?

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, saya juga butuh yang langsung dari depkesnya tadi tidak jumpa T_T

      Hapus
  9. Yang lg menyusun Tugas Akhir dan mengalami kesulitan kami bisa bantu lewat email di rbobyt@yahoo.com atau telepon di 085647200210.
    alamat kami di jl guntur No 38 jebres Surakarta. Victor.com

    BalasHapus
  10. artikelnya menarik dan mudah di pahami oleh para pembaca, serta bermanfaat bagi yang lagi cari artikel seperti ini,thanks penulis.di klik juga ya Artikel kesehatan terbaru

    BalasHapus
  11. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  12. maaf sebelumnya pak, saya boleh minta dapus yang kategori umur menurut depkes 2009, soalnya saya sudah cek tapi tidak ada saya mau pkai ntuk pembuatan skripsi saya. mohon konfirmasinya.

    BalasHapus
  13. maaf boleh minta daftar pustaka dari artikel ini untuk keperluan skripsi

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. maaf boleh minta daftar pustaka lengkap dari artikel ini untuk keperluan skripsi. terima kasih.

    BalasHapus
  16. maaf boleh minta daftar pustaka lengkap dari artikel ini untuk keperluan skripsi. terima kasih.

    BalasHapus
  17. maaf boleh minta daftar pustaka rentang usia ini untuk skripsi. Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  18. mungkin sama dengan pertanyaan teman2 diatas, pembagian umur menurut depkes RI 2009 sumbernya dari mana ? soalnya saya liat banyak yg menggunakannya tapi, saya tidak tau sumber aslinya dari mana.

    BalasHapus
  19. sepertinya awalnya dari sini

    http://jawa-timur.karyawan.web.id/ind/2793-2683/Umur_26642_upri_jawa-timur-karyawan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga bisa: https://muamala.net/kategori-umur-menurut-who/

      Hapus
  20. Maka diperlukan perawatan wajah usia 45 tahun agar tetap pada posisi pada masa dewasa awal

    BalasHapus
  21. please diambil di depkes 2009 hal brp ya aku cari gaada

    BalasHapus
  22. Sama nih. Aku nyari juga belum ketemu. Depkesnya malah ga bisa dibuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ka mau tanya udaj ketemu blum yahh?? untuk dafpus yang depkesnya?

      Hapus